GANHYASTA 2019/2020 BERANI BEDA
oleh B. Ambar,M.Pd

Berita Dibaca 76 kali
GANHYASTA 2019/2020 BERANI BEDA

 

SMA Negeri 2 Probolinggo menjadi Sekolah Pancasila tingkat kota pada Tahun 2018. Pencapaian ini diperoleh karena hampir semua kegiatan dan pembiasaan yang ada di sekolah merupakan Implementasi dari nilai-nilai Pancasila. Salah satu Implementasi nilai-nilai Pancasila terutama sila keempat yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan yang ada di SMA Negeri 2 Probolinggo adalah kegiatan pemilihan OSIS. Kegiatan pemilihan osis yang dilaksanakan di bulan september ini melibatkan seluruh warga sekolah mulai dari siswa, guru bahkan kepala sekolah.

Tahap awal dari pemilihan calon ketua dan wakil ketua OSIS dan MPK adalah mewajibkan setiap kelas X dan XI untuk mengirimkan 2 kandidatnya. Pengiriman kandidat ini selain mereka yang bersedia juga mereka yang berprestasi dan di rekomendasikan oleh wali kelas. Pemilihan OSIS tahun ini ada beberapa perbedaan yang cukup mendasar yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan kualitas Pengurus OSIS. Selain itu juga penilaian dari OSIS lama juga dilakukan sehingga diharapkan OSIS baru dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan dapat menjadi jembatan antara Guru dan siswa sehingga Program kerja mereka dapat terlaksana dengan baik.

Tahap berikutnya adalah diadakan seleksi sebanyak dua tahap, tahap pertama yaitu tes cbt dan wawancara dengan guru. Tahap kedua yaitu wawancara dengan guru mengenai bakat dan minat serta wawancara dengan DPPS. Guru yang mewawancarai ada empat orang terbagi dalam beberapa bidang kewirausahaan, organisasi, wawasan kebangsaan dan kepribadian. Tes CBT dilaksanakan tanggal 7 Agustus 2019, soal yang diambil dari soal ujian untuk kelas X, XI dan beberapa soal kelas XII sesuai dengan jurusan masing-masing.

Perbedaan tahun ini dibandingkan tahun kemaren adalah bahwa pengurus harus mempunyai keunggulan baik dibidang akademik maupun non akademik sehingga pengurus OSIS yang baru di harapkan membawa perubahan yang lebih baik dan mempunyai nilai lebih dibanding teman-temannya yang lain. Nilai lebih dalam bidang akademik maupun non akademik ini diharapkan dapat menambah prestasi yang diperoleh seklah dan juga sebagai penyemangat bagi siswa-siswa SMA Negeri 2 untuk dapat lebih berprestasi

Foto 1. Guru sedang mewawancarai Calon Pengurus Osis

 

          Perbedaan yang kedua dalam pemilihan OSIS tahun ini adalah tidak adanya calon ketua osis dan MPK.  Tahun-tahun sebelumnya pemilihan ketua OSIS dan MPK merupakan pemilihan Pasangan ketua dan wakilnya akan tetapi pada tahun ini pemilihan ketua dan wakilnya merupakan pemilihan perorangan berdasarkan suara terbanyak pertama dan kedua bukan lagi pasangan terpilih. Calon-calon ketua dan wakil OSIS dan MPK setelah di seleksi berdasarkan nilai wawancara guru dan wawancara osis serta penilain bakat dan minat diambil beberapa yang terbaik kemudian dilakukan wawancara oleh bapak Kepala Sekolah.

          Setelah dua tahapan seleksi dilalui kemudian diadakan rapat bersama kepala sekolah, waka kesiswaan, pembina osis dan pengurus lama kemudian diperoleh 12 kandidat untuk OSIS dan MPK. Setelah rapat maka diadakan sosialisasi kepengurusan OSIS dan MPK yang dihadiri oleh 12 kandidat, Kepala Sekolah, Waka kesiswaan, Pembina Osis dan guru BK. 12 kandidat tersebut terdiri dari 6 Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS, dan 6 Calon ketua dan wakil ketua MPK, di tengah perjalanan sebelum orasi terdapat satu orang kandidat MPK yang mengundurkan diri.

          Tahapan-tahapan seleksi telah dilalui dan terpilihlah 6 siswa yang akan dipilih menjadi calon ketua dan wakil OSIS dan 5 siswa yang akan dipilih sebagai calon ketua dan wakil MPK dalam pemilihan nanti. Siswa dan siswi yang terpilih ini terdiri dari kelas X dan Kelas XI dari berbagai Jurusan yang ada di SMA Negeri 2 Probolinggo. Siswa dan Siswi Calon ketua dan wakil Ketua OSIS dan MPK ini melakukan Orasi untuk menyampaikan Visi dan Misi mereka serta menjawab pertanyaan dari guru dan siswa. Kegiatan ini dilakukan di Gedung Graha Bina Cipta dengan tertib dan antusias.

Foto 2. Suasana Orasi di Gedung Graha Bina Cipta

          Pemilihan Ketua OSIS dan wakilnya serta Ketua MPK dan wakilnya secara individu dan tidak lagi sebagai pasangan karena diharapkan dengan seperti ini akan nampak kemampuan tiap individu dalam menyampaikan visi dan misi serta bagaimana cara mereka menanggapi masalah dan menyimpulkan hasil. Setelah melakukan orasi  setiap kandidat akan mendapat pertanyaan dari siswa dan guru. Setiap kandidat memperoleh kesempatan berpikir selama satu menit setelah pembacaan pertanyaan yang diberikan dan diberikan waktu untuk menjawab pertanyaan.

          Jumlah pemilih tahun ini adalah 660 siswa dan 65 pemilih dari guru dan tata usaha sekolah. Hasil pemilihan OSIS pada tahun ini adalah, Irfan memperoleh 87 suara, Zamsyah 93 suara, Ayesha 20 suara Izzata 300 suara, Widya 44 suara dan Susilo 43 serta jumlah suara yang tidak sah 97 suara. Suara yang tidak sah ini di sebabkan pemilih mencoblos dua kandidat dan beberapa lagi disebabkan karena kertas suara rusak. Perolehan suara untuk MPK adalah, Stefani 58 suara, Dimas 166 suara, Malik 208 suara, Akbar 40 suara dan Ilham 131 suara serta suara tidak Sah  sebanyak 113 suara. Pemilihan ketua OSIS dan MPK tahun ini mengantarkan  Izzata Fahreza kelas XI Bahasa sebagai ketua OSIS periode 2019/2020 dan Malik Ahmad XI MIPA1 sebagai ketua MPK 2019/2020.

         

 

 

 

Foto 3. Pelantikan Pengurus Ganhyasta 2019/2020

Pemilihan Ketua OSIS dan MPK serta pengurusnya telah selesai dilakukan kemudian dilaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Sekolah (LDKS). LDKS dilakukan di Sekolah dengan mengundang pemateri dari luar sekolah dan pemateri dari dalam sekolah yaitu guru-guru yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing. LDKS dilaksanakan dua hari yaitu hari Jum’at dan Sabtu. Setelah dilakukan LDKS maka pengurus OSIS dan MPK terpilih dilantik oleh Bapak Kepala Sekolah. Pelantikan ini  juga sekaligus serah terima jabatan dari pengurus OSIS dan MPK yang lama kepada pengurus OSIS dan MPK yang baru. Pelantikan ini berjalan dengan khidmat dan disaksikan seluruh warga sekolah.