Kegiatan Pondok Ramadan 1445 H di SMAN 2 Probolinggo: Memperkuat Iman dan Akhlak Menuju Generasi Ema

Berita Dibaca 143 kali
Kegiatan Pondok Ramadan 1445 H di SMAN 2 Probolinggo: Memperkuat Iman dan Akhlak Menuju Generasi Ema

Kegiatan Pondok Ramadan 1445 H di SMAN 2 Probolinggo: Memperkuat Iman dan Akhlak 

SMAN 2 Probolinggo menggelar Kegiatan Pondok Ramadan pada tahun 1445 H dengan tema yang menggugah, "Dengan datangnya bulan Ramadan mari kita tingkatkan Iman dan Taqwa Kepada Allah SWT menuju generasi emas yang hebat dan berakhlakul karimah." Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 15 hingga 22 Maret 2024 dengan tujuan memperkuat nilai-nilai keagamaan, meningkatkan keimanan, dan mengembangkan akhlak yang mulia di kalangan peserta didik.

Dalam suasana yang penuh kebersamaan dan kesederhanaan, para siswa dan guru SMAN 2 Probolinggo aktif mengikuti serangkaian kegiatan yang mendalamkan makna Ramadan dan memperdalam pemahaman agama Islam. Adapun beberapa kegiatan utama yang diselenggarakan adalah sebagai berikut:

1. Kajian Agama

Pada hari pertama kegiatan, dilakukan pembukaan dengan khotmil qur’an sedangkan hari ketiga sampai tujuh kajian agama yang dipimpin oleh ustadz dan ustazah terkemuka. Materi kajian mencakup berbagai aspek ibadah Ramadan, hukum-hukum agama, serta nilai-nilai moral yang harus diperkuat selama bulan suci ini.

2. Tadarus Al-Qur'an

Setiap pagi dan sore, para peserta didik berkumpul untuk melakukan tadarus Al-Qur'an. Mereka membaca dan memahami ayat-ayat suci Al-Qur'an, serta mengambil hikmah dan pelajaran dari setiap ayat yang dibaca.

3. Ceramah Inspiratif

Para pemateri yang diundang memberikan ceramah-ceramah yang menginspirasi dan memotivasi peserta didik untuk menjalani Ramadan dengan penuh keikhlasan, kegembiraan, dan rasa syukur.

4. Kegiatan Sosial

Selain kegiatan ibadah, juga dilakukan kegiatan sosial seperti bakti sosial, penggalangan dana untuk fakir miskin (zakat), serta kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk membantu sesama yang membutuhkan.

5. Diskusi Keagamaan

Peserta didik diajak untuk berdiskusi tentang berbagai isu keagamaan dan sosial yang relevan dengan konteks Ramadan. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan pemikiran kritis dan pemahaman yang lebih mendalam tentang ajaran Islam.

Kegiatan Pondok Ramadan di SMAN 2 Probolinggo tahun ini menjadi momen berharga untuk meningkatkan kesadaran keagamaan, memperkuat keimanan, serta mengembangkan akhlakul karimah di kalangan generasi muda. Semoga dengan semangat Ramadan yang dipupuk melalui kegiatan ini, generasi emas yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia dapat terwujud.