Pameran ECOPRINT di SMAN 2 Probolinggo Tahun 2023

Berita Dibaca 331 kali
Pameran ECOPRINT di SMAN 2 Probolinggo Tahun 2023

Kunjugan Ibu Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah


Eksplorasi Keindahan Alam Melalui Batik: Pameran ECOPRINT di SMAN 2 Probolinggo Tahun 2023

Probolinggo, 12 Oktober 2023 - SMAN 2 Probolinggo mengadakan pameran batik yang memukau dengan konsep "Alam (ECOPRINT)" sebagai bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tahun 2023 yang mengangkat tema "Kearifan Lokal." Pameran ini adalah bukti nyata dari upaya siswa dalam menggali dan menghormati kearifan lokal serta menjaga alam melalui seni dan inovasi.

Batik: Warisan Budaya yang Indah

Batik adalah seni tekstil yang merupakan warisan budaya Indonesia. SMAN 2 Probolinggo mengapresiasi keindahan dan makna budaya dalam batik dengan menggabungkannya dalam Projek P5. Siswa diundang untuk menjelajahi cara baru dalam menghasilkan batik dengan menggunakan konsep alam (ECOPRINT).

ECOPRINT: Menggabungkan Alam dan Seni

Konsep ECOPRINT adalah tentang menggabungkan unsur-unsur alam ke dalam seni batik. Daun-daunan, bunga, dan material organik lainnya digunakan untuk menciptakan motif dan warna alami pada kain. Ini bukan hanya menjadi proses kreatif, tetapi juga bentuk ekspresi yang mendalam tentang keindahan alam dan upaya untuk menjaga ekosistem.

Kearifan Lokal yang Terwujud dalam Karya Seni         

Melalui ECOPRINT, siswa di SMAN 2 Probolinggo mengeksplorasi kearifan lokal yang mendalam. Mereka memahami bagaimana tumbuhan lokal dapat digunakan dalam menciptakan seni yang berharga. Proses pembuatan batik dengan unsur alam ini menggugah rasa cinta dan kepedulian terhadap kearifan lokal yang ada di sekitar mereka.

Pameran Batik: Karya Seni yang Menceritakan Kisah

Pameran ini adalah momen penting di mana karya seni yang indah ini dipamerkan kepada seluruh komunitas sekolah dan masyarakat. Setiap kain batik adalah karya seni yang menceritakan kisah kearifan lokal dan hubungan erat dengan alam. Motif dan warna yang dihasilkan dari alam menambah keindahan dan nilai artistik pada batik-batik ini.

Pesan Lingkungan dalam Batik

Pameran ini juga merupakan kesempatan untuk menyampaikan pesan tentang pentingnya menjaga lingkungan dan alam. Setiap batik mencerminkan komitmen untuk hidup berdampingan dengan alam dan mendukung praktik berkelanjutan.

Menginspirasi dan Mendidik

Pameran batik dengan konsep ECOPRINT ini adalah bukti nyata bagaimana seni dan pendidikan dapat bersatu dalam menciptakan karya yang memukau, mendidik, dan menginspirasi. Ini juga adalah contoh nyata bagaimana sekolah dapat menjadi pusat inovasi dalam menjaga kearifan lokal dan lingkungan.

Tantangan yang Terwujud dalam Karya

Siswa di SMAN 2 Probolinggo telah menghadapi tantangan dalam proses pembuatan batik ECOPRINT, tetapi hasilnya adalah karya-karya yang luar biasa yang memancarkan rasa kebanggaan dan prestasi. Mereka juga telah mengalami bagaimana proses kesalahan dan ketekunan dapat menghasilkan karya yang lebih baik.

Peningkatan Karakter dan Kreativitas

Projek P5 dengan pameran ECOPRINT ini juga memiliki dampak yang mendalam dalam pembentukan karakter siswa. Mereka belajar tentang kearifan lokal, kerja sama tim, inovasi, dan tanggung jawab dalam menjaga alam. Semua ini adalah nilai-nilai yang berharga yang akan membantu mereka menjadi individu yang lebih baik di masa depan.

Pameran batik dengan konsep ECOPRINT di SMAN 2 Probolinggo adalah pameran seni yang merayakan keindahan alam, kearifan lokal, dan semangat inovasi siswa. Ini adalah bukti nyata tentang bagaimana pendidikan dan seni dapat menginspirasi perubahan positif dan memberikan dampak yang mendalam dalam pendidikan. Salam Smada Smart!!!