Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Gelar Karya Bhinneka Tunggal Ika di SMAN 2 Probolinggo Ta

Berita Dibaca 266 kali
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Gelar Karya Bhinneka Tunggal Ika di SMAN 2 Probolinggo Ta

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Gelar Karya Bhinneka Tunggal Ika di SMAN 2 Probolinggo Tahun 2023 dalam Memperingati Hari Sumpah Pemuda

Probolinggo, 25-26 Oktober 2023 - Hari Sumpah Pemuda adalah momen penting dalam sejarah Indonesia yang selalu dirayakan dengan semangat kebangsaan dan persatuan. Di SMAN 2 Probolinggo, Hari Sumpah Pemuda tahun 2023 diperingati dengan sangat istimewa melalui "Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila" yang menampilkan "Gelar Karya Bhinneka Tunggal Ika."

Meningkatkan Pemahaman Pancasila

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa generasi muda memahami nilai-nilai yang mendasari negara Indonesia.

Gelar Karya Bhinneka Tunggal Ika

Gelar Karya Bhinneka Tunggal Ika adalah salah satu rangkaian acara yang menonjol dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda. Acara ini mencerminkan semangat persatuan dan keragaman di Indonesia. Siswa di SMAN 2 Probolinggo diberikan kesempatan untuk mengekspresikan pemahaman mereka tentang Bhinneka Tunggal Ika melalui berbagai karya seni, puisi, musik, tari, dan banyak lagi.

Kreativitas Siswa Menyala

Siswa di SMAN 2 Probolinggo telah menunjukkan kreativitas yang luar biasa dalam merespons tema Bhinneka Tunggal Ika. Mereka telah menciptakan berbagai karya seni yang memancarkan semangat persatuan dan keragaman. Ini termasuk mural yang menghiasi dinding sekolah, karya seni tari, pementasan music kontemporek, dan banyak lagi.

Menggabungkan Budaya Lokal

Salah satu hal yang menarik adalah cara siswa menggabungkan budaya lokal dengan tema Bhinneka Tunggal Ika. Mereka mengambil elemen-elemen budaya tradisional dan menggabungkannya dengan pesan persatuan. Hasilnya adalah penampilan yang memukau dan beragam.

Menghormati Keragaman

Gelar Karya Bhinneka Tunggal Ika juga merupakan penghormatan terhadap keragaman budaya dan agama di SMAN 2 Probolinggo. Siswa dari berbagai latar belakang berpartisipasi aktif dalam acara ini, memberikan contoh konkret tentang bagaimana Bhinneka Tunggal Ika adalah kekuatan bagi bangsa ini.

Pesan Persatuan dan Toleransi

Melalui karyanya, siswa menyampaikan pesan tentang pentingnya persatuan dan toleransi di tengah keragaman. Mereka memahami bahwa Indonesia adalah bangsa yang beragam, dan pesan-pesan Bhinneka Tunggal Ika adalah landasan untuk memahami dan menghormati perbedaan.

Masa Depan yang Lebih Cerah

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Gelar Karya Bhinneka Tunggal Ika adalah langkah positif dalam mempersiapkan generasi muda untuk masa depan yang lebih cerah. Mereka tidak hanya mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang nilai-nilai Pancasila, tetapi juga menggali potensi kreativitas mereka dalam menyampaikan pesan tersebut.

Projek ini adalah contoh yang membanggakan tentang bagaimana pendidikan dapat menjadi wadah untuk memupuk semangat kebangsaan, persatuan, dan toleransi di antara generasi muda. Semoga semangat Bhinneka Tunggal Ika tetap menyala dan terus menginspirasi perubahan positif di seluruh Indonesia. Salam Smada Smart!!