Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI

Berita Dibaca 911 kali
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): "Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI" - Sub Tema: Bioteknologi di SMAN 2 Probolinggo

 

Probolinggo, 29 Januari 2024 - Inovasi dan teknologi menjadi pendorong utama dalam pembangunan suatu bangsa. Hal ini juga menjadi fokus utama dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMAN 2 Probolinggo pada tahun 2024. Dengan tema "Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI" dan sub tema Bioteknologi, siswa-siswi kelas X terlibat dalam proyek menghasilkan produk bernilai tinggi seperti Tempe, Keju, Yogurt, dan Tape.

Inovasi Melalui Bioteknologi:

Projek P5 kali ini tidak hanya menekankan pada pembelajaran teori, tetapi juga mendorong siswa untuk terlibat secara langsung dalam pengaplikasian ilmu bioteknologi. Bioteknologi di sini menjadi sarana untuk merajut potensi para pelajar dalam menciptakan produk makanan yang berkualitas dan memiliki dampak positif terhadap masyarakat.

Produk Tempe:

Siswa kelas X terlibat dalam proses pembuatan tempe menggunakan teknologi fermentasi. Mereka belajar tentang mikroorganisme yang terlibat dalam proses fermentasi, pengendalian suhu, dan faktor-faktor lain yang memengaruhi kualitas tempe. Hasilnya, mereka berhasil menghasilkan tempe dengan tekstur yang lembut dan rasa yang khas.

Produk Keju:

Penerapan teknologi bioteknologi dalam pembuatan keju menjadi tantangan menarik bagi para siswa. Mereka memahami proses fermentasi bakteri dan enzim untuk membentuk keju dengan rasa yang variatif. Hasil akhirnya adalah keju segar dengan karakteristik unik yang mencerminkan kreativitas mereka.

Produk Yogurt:

Siswa-siswi juga terlibat dalam pembuatan yogurt melalui fermentasi bakteri tertentu. Mereka mempelajari pengendalian pH dan suhu yang optimal untuk pertumbuhan bakteri probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Yogurt yang dihasilkan menjadi alternatif sehat dan lezat bagi konsumen.

Produk Tape:

Proses fermentasi untuk menghasilkan tape menjadi fokus selanjutnya. Siswa memahami peran ragi dan mikroorganisme dalam mengubah tepung ketan menjadi tape yang memiliki cita rasa khas. Tape yang dihasilkan menjadi produk tradisional yang tetap diminati di tengah masyarakat.

Pentingnya Inovasi dalam Pendidikan:

Proyek ini tidak hanya bertujuan untuk menghasilkan produk makanan berkualitas, tetapi juga memberikan pelajaran tentang pentingnya inovasi dalam pendidikan. Melalui pengaplikasian ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat melihat dampak positif yang dapat dihasilkan oleh pengetahuan yang mereka peroleh di sekolah.

Menyongsong Masa Depan Bangsa:

Dengan mengusung tema "Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI," proyek ini tidak hanya menciptakan siswa yang mampu berinovasi dalam bidang bioteknologi, tetapi juga membentuk karakter yang memiliki kecintaan terhadap tanah airnya. Mereka tidak hanya menjadi konsumen teknologi, tetapi juga produsen yang dapat menyongsong masa depan bangsa dengan kreativitas dan ketangguhan.

Dengan merajut ilmu pengetahuan, teknologi, dan nilai-nilai Pancasila, Projek P5 di SMAN 2 Probolinggo tahun 2024 menjadi tonggak penting dalam pengembangan kualitas dan karakter siswa sebagai generasi penerus bangsa yang berdaya saing tinggi.