Siswa SMAN 2 Kota Probolinggo Mampu Tunjukkan Prestasi Ditingkat Nasional Maupun Internasional

Prestasi Dibaca 184 kali
Siswa SMAN 2 Kota Probolinggo Mampu Tunjukkan Prestasi Ditingkat Nasional Maupun Internasional

Siswa SMAN 2 Kota Probolinggo Mampu Tunjukkan Prestasi Ditingkat Nasional Maupun Internasional

Probolinggo, – Seolah tak lekang dengan inovasi dan prestasi yang ditunjukkan oleh SMA Negeri 2 kota Probolinggo yang dalam beberapa kesempatan, siswa sekolah ini mampu menunjukkan kemampuan dalam berbagai bidang baik bersifat akademik maupun non akademik.

Hal ini termasuk yang diperlihatkan siswa SMAN 2 kota Probolinggo yang berhasil mendulang prestasi melalui program Beasiswa Indonesia Maju (BIM,), sebuat program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Kementerian Teknologi (Kemendikbudristek) yang didukung Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP).

Beasiswa Indonesia Maju untuk selanjutnya disebut BIM adalah program beasiswa yang diberikan kepada peserta didik/lulusan yang berprestasi pada bidang akademik dan non-akademik. BIM terdiri dari program beasiswa bergelar (degree) dan beasiswa non gelar (non degree). Program beasiswa bergelar jenjang S1 dan S2 dilaksanakan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, sedangkan program beasiswa non gelar, yaitu Program Persiapan S1 Luar Negeri, dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri adalah program beasiswa yang diberikan guna mempersiapkan peserta didik berprestasi pada jenjang pendidikan menengah untuk memperoleh kesempatan pendidikan S1 di luar negeri.

BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 3 diberikan kepada peserta didik kelas XI Semester 1 tahun ajaran 2022 – 2023 pada jenjang SMA/SMK/MA/sederajat yang berprestasi pada ajang olimpiade/lomba/kompetisi/festival pada bidang, Sains, Riset, Teknologi dan Inovasi, Bidang Seni, Budaya, dan Bahasa, Bidang Olahraga dan Kesehatan Jasmani dan Bidang Vokasi dan Kewirausahaan.

Hal ini seperti disampaikan oleh Dra Erni Prasetyawati M.Pd Kepala Sekolah SMAN 2 Kota Probolinggo saat ditemui diruang kerjanya .SMAN 2 tahun ini mendapatkan prestasi atas nama Novan yang mendapatkan kegiatan Summer Camp di Universitas Toronto Kanada. Anak ini bisa mencapai prestasi tersebut karena memang dia menekuni bidang penelitian muda yang mana di SMAN 2 menjadi program unggulan dan selalu menghasilkan rekor-rekor medali emas, perak maupun perunggu baik nasional maupun internasional.ujarnya.

Lebih lanjut Erni Prasetyawati menambahkan selain didukung penguasaan bahasa inggris yang baik, kemudia human relation serta nilai akademiknya yang bagus, sehingga hal tersebut dapat dimatrikulasi oleh Kementerian Pendidikan untuk mengikuti beasiswa Indonesia maju. Untuk tahun ini ada yang menyusul atasnama Barutama Alfaturrahman, siswa kelas XI yang juga mengikuti Beasiswa Indonesia Maju tetapi didalam negeri. Atas prestasi tersebut, perguruan perguruan tinggi baik di Indonesia maupun di Toronto menunggu kelulusan mereka, nantinya untuk tahun kedepan jika mereka mampu mempertahankan presitasinya, maka mereka akan dipanggil untuk masuk ke universitas tersebut.tambahnya.

Seperti diketahui, summer camp merupakan ajang mengasah prestasi yang diadakan Universitas Toronto Kanada, tak hanya pelajaran umum yang bisa dipelajari oleh anak-anak, tetapi juga mendalami tema yang dipilih, di samping menjadi tempat bersosialisasi dengan peserta lainnya. Selain itu, summer camp juga acap dijadikan tempat untuk mengembangkan bakat dan minat anak. Misalnya anak menyukai dunia kreatif, seperti bidang perfilman dan fashion.

Mudah-mudahan ditahun berikutnya banyak lagi yang punya kesempatan memperoleh beasiswa Indonesia maju bukan hanya diluar negeri, tetapi juga didalam negeri, sehingga SMAN 2 bisa memberi peluang sebanyak banyaknya kepada anak-anak untuk berprestasi baik didalam negeri maupun diluar negeri.pungkas KS SMAN 2 Kota Probolinggo.