SMADA BERSHOLAWAT
oleh B. Ambar,M.Pd

Berita Dibaca 233 kali
SMADA BERSHOLAWAT

Peringatan  Maulid Nabi Muhammad SAW SMA Negeri 2 tahun ini terasa sangat Istimewa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Peringatan Maulid Nabi tahun ini tidak ada sesi pengajian umum yang biasa dilakukan di smada akan tetapi di gantikan dengan bersholawat dan lomba-lomba keagamaan. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di buka oleh bapak Kepala Sekolah Hakam Basori dan dihadiri Oleh seluruh warga sekolah dan tamu kehormatan dari pengawas guru Agama.

          Suara merdu tim hadroh dari organisasi remaja Masjid SMA Negeri 2 melantunkan sholawat Nabi dan diikuti oleh seluruh warga sekolah mampu menggetarkan hati dan menyejukkan suasana dalam gedung graha bina cipta SMA Negeri 2 Probolinggo. Smada bersholawat merupakan upaya penanaman rasa cinta kepada Nabi Muhammada SAW dan untuk memperdalam keimanan. Kegiatan  bersholawat ini mengawali serangkaian acara yang diadakan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sholawat bersama seluruh warga sekolah dilaksanakan hampir satu jam kemudian dilanjutakan dengan lomba-lomba keagamaan. Salah satu lomba yang melatih kekompakan, keahliaan untuk menganalisis suatu permasalahan, pengetahuan umum dan ilmu agama adalah lomba debat. Lomba debat diikuti oleh seluruh perwakilan kelas X, XI, dan XII. Jumlah seluruh peserta ada 21 tim dan tiap tim terdiri dari tiga siswa.

Lomba debat ini,terdiri dari empat babak. Babak yang pertama adalah bapak penyisihan. Pada babak ini tim hanya memberikan argumen mengenai mosi yang diberikan oleh moderator. Pada babak penyisihan ini tim diperbolehkan untuk setuju maupun tidak setuju terhadap mosi yang diberikan dan hanya satu pembicara yang mewakili dengan waktu pemaparan satu menit, dan waktu berdiskusi dengan kelompoknya 3 menit.

Pada babak penyisihan ini ada tujuh perwakilan yang lolos dan kemudian di lanjutkan pada babak semifinal dan babak final. Pada babak final dan semifinal ini berbeda dengan babak penyisihan. Pada babak ini terdapat dua tim yang berlawanan yang satu merupakan tim Pro dan tim kontra terhadap mosi yang dibaca moderator. Tahap ini juga anggota tim dibagi menjadi tiga yaitu tim pembicara satu, dua dan pembicara ketiga  merupakan pembicara yang menarik kesimpulan dari argumen yang diberikan oleh tim. Penilaian tertinggi diperoleh jika tim menggunakan ayat-ayat al-Quran dan Hadist sebagai podasi pemikiran mereka.

Lomba pidato keagamaan yang dilaksanakan di taman tengah cukup menarik perhatian siswa-siswi SMADA. Pada lomba ini banyak bakat-bakat terpendam yang selama ini kurang tergali mulai nampak. Banyak siswa SMADA yang ternyata mempunyai potensi sebagai Da’i dengan kemampuan agama yang mumpuni hanya saja selama ini kurang terwadahi. Pada lomba ini siswa diberikan durasi pidato 5 sampai 7 menit. Kriteria penilaian pada pidato kali ini  adalah vokal, kesesuaian isi dan penampilan. Kesesuaian isi ini meliputi tema yang diambil dan dalil-dalil yang digunakan dalam pidato ini.