SMADA BORONG PIALA DALAM LOMBA DUTA REMAJA PUTRI BEBAS ANEMIA KOTA PROBOLINGGO
Oleh B. Ana Rizka,S.Pd

Prestasi Dibaca 187 kali
SMADA BORONG PIALA DALAM LOMBA DUTA REMAJA PUTRI BEBAS ANEMIA KOTA PROBOLINGGO

Masih dalam serangkaian gebyar HKN  (Hari kesehatan Nasional) ke-55, Dinas kesehatan Kota probolinggo menyelenggarakan lomba duta remaja putri bebas anemia kota Probolinggo. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa, 12 November 2019 pukul 08.00 sampai 13.00 WIB di Puri Manggala Bhakti Kota Probolinggo. Peserta kegiatan adalah remaja putri dari tingakatan SMP-SMA/SMK negeri dan swasta se-Kota Probolinggo.

Peserta lomba melakukan daftar ulang, mendapatkan no urut, kaos dan asesment penilaian yang selalu dibawa pada setiap tahapan penilaian. Penilaian meliputi tes status gizi dan kadar Hb dalam darah. Status gizi diketahui melalui perhitungan IMB (Indeks Masa Tubuh) dengan rumus BB/(TB)2, Lila (lingkar lengan atas), dan lingkar perut. Hasil IMT, Lila, Lingkar perut dan HB masuk dalam kriteria penilaian dan memiliki bobot yang berbeda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selanjutnya peserta secara bergantian melakukan wawancara oleh 3 Juri yaitu Dokter dari IDI, Bidan dari IBI, dan ahli gizi dari PERSAGI. Juri memberikan pertanyaan terkait Anemia, Kesehatan reproduksi dan pemberian tablet tambah darah. Kemudian pemenang diambil 10 terbaik dari seluruh peserta. Diantara 10 peserta terbaik, 4 diantaranya diraih oleh SMAN 2 Probolinggo.

SMAN 2 Probolinggo menjadi sekolah dengan jumlah terbanyak yang menduduki 10 peserta terbaik duta remaja putri bebas anemia 2019. Siswi SMAN 2 Probolinggo yang menjadi pemenang 10 terbaik atas nama Nala Tazkia, Naura Nadezhda, Alvina Rizky dan Anindya. Pemenang tidak hanya bertubuh ideal, berstatus gizi baik, bebas anemia dengan kadar Hb di atas rata-rata, namun juga berwawasan anemia, kesehatan reproduksi dan mampu didapuk sebagai calon penyuluh kesehatan remaja. Selamat putri SMADA yang terpilih, lanjutkan perjuangan kalian sebagai penyuluh kesehatan, jadikan siswi-siswi smada remaja putri bebas anemia, sehat jasmani dan rohani.