Arjuna Larasati Generasi Emas Yang Kreatif Dan Solutif
oleh B. Ambar,M.Pd

Berita Dibaca 51 kali
Arjuna Larasati Generasi Emas Yang Kreatif Dan Solutif

Musyawarah Ambalan pramuka SMA Negeri Dua pada tahun 2019 ini mengangkat tema “Bersatu Padu Membangun Generasi Emas Yang Kreatif Dan Solutif”.Tema ini diambil berdasarkan tantangan yang akan dihadapai dan solusi yang bisa diterapkan. Musyawarah ambalan merupakan forum tertinggi dalam gerakan pramuka SMADA yang diadakan satu tahun sekali. Musyawarah ambalan ini disamping memilih Pradana dan wakil pradana masa bakti 2019/2020 juga merupakan forum pertanggungjawaban Pradana dan wakil pradana masa bakti 2019/2020 serta merupakan wadah untuk menampung aspirasi Pramuka Penegak SMA Negeri 2 Probolinggo.

          Musyawarah Ambalan dibuka oleh bapak Hakam Basori, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMAN 2 Probolinggo. Kegiatan Musyawarah Ambalan ini di hadiri oleh Pradana dan  Wakil Pradana semua sekolah negeri yang ada di Probolinggo yaitu, SMAN 1, SMAN 3, SMAN 4, SMKN 1, SMKN 2, SMKN 3, SMKN 4, MAN 1 dan MAN 2. Selain undangan dari luar sekolah musyawarah ini juga di hadiri 27 ketua sangga putri dan 27 ketua sangga putra, serta 27 dewan ambalan beserta bapak pembina pramuka, pembina osis dan waka kesiswaan. Musyawarah Ambalan ini dimulai jam 7 pagi dan berakhir jam 5 sore.

          Musyawarah ambalan tahun 2019 ini selain dihadiri oleh peserta musyawarah juga dihadiri peninjau yang merupakan pramuka penegak yang mendapatkan mandat dari gugus depannya. Nara sumber musyawarah ambalan 2019 adalah dewan kerja cabang yang mendapatkan mandat dari Kwartir Cabang. Musyawarah ambalan tahun ini berjalan dengan tertib meskipun tidak dihadiri oleh pradana dan wakilnya dari dua Sekolah. Ketidak hadiran perwakilan dari dua sekolah tersebut tidak menghalangi jalannya musyawarah ambalan karena peserta musyawarah sudah memenuhi kuorum.

          Musyawarah Ambalan 2019 terdiri dari sidang pendahuluan, sidang Pleno dan sidang komisi A dan B serta sidang perumus. Sidang pendahuluan yang dipimpin oleh tiga orang dari dewan ambalan. Sidang ini bertujuan untuk menentukan tata tertib, pernyataan kuorum, agenda sidang, jadwal sidang serta pembentukan Presidium. Setelah dilakukan sidang pendahuluan kemudian dilanjutkan dengan sidang pleno I yang berisi laporan pertangungJawaban  Pradana dan wakilnya masa bakti 2018/2019, pandangan umum sangga serta tanggapan terhadap pandangan umum tersebut.

          Sidang komisi yang terdiri dari komisi A dan B yaitu untuk Komisi A itu mengenai tatacara pemilihan dan keorganisasian serta sidang komisi B berisi tentang rencana kerja.  Setelah sidang komisi maka dilakukan sidang pleno kedua yang berisi tentang penyampaian  hasil sidang sidang komisi, pengesahan hasil sidang komisi, pembentukan  tim perumus sekaligus sidang tim perumus serta pengesahannya.

          Sidang Pleno ketiga merupakan pemilihan Pradana dan wakil dewan ambalan gugus depan 05003-05004 Pangkalan SMA Negeri 2 Probolinggo masa bakti 2019-2020 serta pembentukan tim formatur. Tim formatur ini adalah dewan ambalan yang akan membantu Pradana dan wakilnya dalam menjalankan tugasnya pada masa bakti 2019/2020. Sidang Pleno keempat merupakan sidang terakhir dan merupakan sidang pengesahan hasil musyawarah ambalan tahun 2019.

          Musyawarah ambalan tahun 2019 ini mengesahkan Prima Putra Ariefiansyah kelas XI MIPA 1 sebagai Pradana dan Dyahsalsabila Putri kelas XI MIPA 3. Pramuka SMA Negeri 2 Probolinggo Arjuna Larasati mempunyai senjata Pusaka ambalan yaitu Panah dan Keris. Senjata Arjuna atau Pramuka Putra adalah panah sedangkan Larasati atau Pramuka Putri adalah Keris. Pusaka ambalan ini merupakan pusaka turun temurun dari dewan ambalan sebelumnya. Pusaka ambalan ini merupakan simbol yang dimiliki oleh Arjuna Larasati untuk terus bergerak memajukan Pramuka SMA Negeri 2 Probolinggo  dan dapat mewujudkan  kesatuan  untuk membangun generasi emas yang kreatif dan solutif sesuai  dengan tema Musyawarah Ambalan Tahun ini.