Gairah Merdeka SMA Negeri 2 Probolinggo

Berita Dibaca 825 kali
Gairah Merdeka SMA Negeri 2 Probolinggo

MERDEKA: Dua siswa yang mengikuti lomba gencet balon


SMADA NEWS -   Suasana bahagia menyelimuti masyarakat Indonesia, termasuk warga SMA Negeri 2 Probolinggo. Mereka menyambut hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia dengan antusias. Beragam kegiatan pun digelar dalam event SWAG, SMA Negeri 2 Probolinggo Wayahe Agustusan.

“Ada lomba joget antarkelas, balap karung, salur tiup balon dan estafet. Ada juga kegiatan P5 dan senam bersama serta penutupan. Lomba-lomba yang diadakan tersebut juga bekerja sama dengan kegiatan P5,” terang Nadia Atha Kirana selaku ketua panitia SWAG.

Selain lomba, setiap kelas dibagi menjadi beberapa kelompok dan membuat projek video dari salah satu lomba. Lengkap dengan narasinya. Siswa siswi pun bebas memilih bahasa yang dipakai dalam narasi video itu. Bisa bahasa Inggris, bahasa Jawa dan bahasa Jepang.

Tema P5 kali ini adalah Bangunlah Jiwa dan Raganya yang merupakan salah satu tema dari tujuh tema kegiatan P5  Kurikulum Merdeka. “Tema tersebut memiliki makna yang sangat berpengaruh bagi seluruh peserta didik. Yaitu, untuk membangun generasi muda yang sehat jasmani dan rohani. Sebab, dalam jiwa yang sehat terdapat raga yang sehat,” terang Ibu Yusia Agustini, salah satu guru SMADa yang juga koordinator kegiatan P5.

Tak hanya itu, kegiatan P5 kali ini juga memiliki dimensi yang sangat berkaitan bagi pembentukan karakter siswa. Yakni dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Lalu dimensi bergotong-royong, bernalar kritis dan dimensi kreatif.

Hari Pertama SWAG (14 Agustus 2023), diawali dengan upacara Hari Pramuka karena bertepatan dengan peringatan Hari Pramuka. Dilanjutkan dengan pembukaan SWAG dan sambutan dari Ibu Dra. Erni Prasetyawati, M.Pd. selaku Kepala SMA Negeri 2 Probolinggo serta Nadia Atha Kirana selaku ketua panitia kegiatan SWAG.

Suasana gembira saat beberapa anggota OSIS SMA Negeri 2 Probolinggo menghidupkan flare berwarna merah muda dan hijau menghiasi langit biru. Tak lama kemudian, seluruh siswa-siswi berkumpul di gedung Graha Bina Cipta untuk mengikuti sosialisasi dari pihak Maxim. Dilanjutkan dengan lomba joget antarkelas. Lomba Joget tersebut cukup menghibur, terutama bagi penonton yang menyaksikan.

Keesokan harinya (15 Agustus 2023), seluruh siswa berkumpul di lapangan untuk menyaksikan lomba. Antara lain lomba balap karung menggunakan helm dan lomba salur balon tiup. Para penonton hingga panitia kegiatan SWAG pun sangat antusias.

Hari selanjutnya (16 Agustus 2023), lomba terakhir dilakukan. Siswa-siswi kembali berkumpul di lapangan untuk mendukung teman-teman mereka yang mengikuti lomba.

Lomba pun berlangsung lebih seru dari hari sebelumnya. Yakni lomba estafet yang terdiri dari salur air, gencet galon dan tahan ember. Di situ para peserta lomba basah kuyup karena setiap lomba estafet menggunakan air. Kecuali gencet balon.

Di hari terakhir (18 Agustus 2023), digelar senam bersama di lapangan. Mereka bersemangat dan ceria dalam mengikuti kegiatan senam bersama. Setelah senam bersama, siswa siswi mengerjakan tugas kegiatan P5 masing-masing.

Lalu menjelang siang, seluruh siswa, guru beserta panitia berkumpul di gedung Graha Bina Cipta SMA Negeri 2 Probolinggo  untuk mengikuti penutupan SWAG tahun ini. Penutupan diramaikan dengan penampilan Dance SMADA yaitu, J4C (just for cheers) dengan penampilan terbaiknya.

Tak lama kemudian, bagian yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh siswa tiba. Yaitu, pembagian hadiah kepada para pemenang lomba yang sudah diadakan pada hari sebelumnya. Para pemenang tampak sangat bahagia karena berhasil mencapai hasil yang diinginkan. (*) 

 

(Mayza)