MENUJU HERD IMMUNITY
oleh Ibu Dwi Ambarwati,M.Pd.

Berita Dibaca 64 kali
MENUJU HERD IMMUNITY

Herd immunity adalah ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu sehingga memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi mereka yang tidak kebal terhadap penyakit menular tersebut.

Misalnya, jika 80% populasi kebal terhadap suatu virus, empat dari setiap lima orang yang bertemu seseorang dengan penyakit tersebut tidak akan sakit dan tidak akan menyebarkan virus tersebut lebih jauh. Dengan cara ini, penyebaran penyakit tersebut dapat dikendalikan. Bergantung pada seberapa menular suatu infeksi, biasanya 70% hingga 90% populasi membutuhkan kekebalan untuk mencapai kekebalan kelompok.

Dengan herd immunity atau kekebalan kelompok diharapkan bisa melindungi masyarakat dari kesakitan dan kematian akibat Covid 19.
Herd Immunity sebenarnya bisa muncul dengan cara membiarkan virus terus menyebar sehingga banyak orang terinfeksi dan apabila mereka sembuh, banyak orang akan kebal sehingga wabah akan hilang dengan sendirinya karena virus sulit menemukan inang untuk membuatnya tetap hidup dan berkembang.

Herd Immunity pun bisa terbentuk dengan cara menyuntikkan vaksin untuk penangkalan penyebaran virus tersebut sehingga berdasarkan penelitian apabila masyarakat yang sudah divaksin Covid 19 lengkap dua dosis mendapatkan perlindungan tiga kali lebih besar dibandingkan dengan yang tidak divaksin sama sekali.

Berdasarkan laman infeksiemerging Kementrian Kesehatan RI menuliskan bahwa pengalaman dari beberapa penyakit infeksi menular sebelumnya tanpa vaksin bukan cara yang efektif untuk mencapai herd immunity terutama pada penyakit yang menyebabkan keparahan dan kematian yang tinggi. Selain itu virus dapat bermutasi seiring waktu sehingga antibodi dari infeksi sebelumnya hanya memberikan perlindungan untuk jangka waktu yang singkat, tidak seumur hidup mereka.

Seringkali terjadinya KLB penyakit menular (yang dapat dicegah dengan pemberian vaksin) ditemukan di kelompok masyarakat dengan cakupan vaksinasi yang rendah sehingga mereka tidak memiliki herd immunity terhadap penyakit menular tersebut. Pada kesimpulannya bahwa perlindungan dari vaksin merupakan cara yang efektif dalam mencapai herd immunity.

Dalam rangka mensukseskan herd imunity yang dicanangkan pemerintah dan memutus rantai penularan covid 19 maka SMA Negeri 2 bekerja sama dengan beberapa puskesmas mengadakan vaksinasi khusus pelajar bagi siswa SMA Negeri 2.Vaksinasi ini dilakukan selain untuk mensukseskan herd imunity juga untuk membuat siswa merasa aman untuk belajar di  sekolah melalui pembelajaran tatap muka terbatas.

Alur pelayanan vaksin yang ada di SMA Negeri 2 di sesuaikan dengan alur vaksin yang sudah ditetapkan pemerintah. Taman dan halaman sekolah di rumah menjadi ruang tunggu yang nyaman dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Beberapa ruang kelas disulap menjadi ruangan untuk melakukan daftar dan verifikasi data untuk vaksin, pencatatan dan observasi, skrining dan tempat vaksin yang tertutup. Pelaksanaan yang dilakukan di SMA Negeri 2 pada tanggal 27 agustus 2021 terlaksana dengan baik dan lancar.