Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kearifan Lokal

Berita Dibaca 960 kali
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kearifan Lokal

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMAN 2 Probolinggo: Membantik Berkonsep Alam (ECOPRINT) - Menggali Kearifan Lokal dalam Pendidikan

 

Probolinggo, 09 Oktober 2023 - SMAN 2 Probolinggo meluncurkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema "Kearifan Lokal" dan sub tema "Membantik Berkonsep Alam (ECOPRINT)" untuk tahun 2023. Projek ini bertujuan untuk menggali potensi kearifan lokal dan memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya menjaga alam di tengah tantangan lingkungan yang semakin kompleks.

Pendidikan Bermakna melalui Kearifan Lokal

Kearifan lokal mencerminkan pengetahuan, nilai-nilai, dan tradisi yang melekat pada budaya suatu daerah. SMAN 2 Probolinggo memahami bahwa pendidikan yang bermakna juga harus mencakup pemahaman tentang nilai-nilai budaya dan lingkungan sekitar. Melalui Projek P5, siswa diharapkan dapat mengembangkan rasa cinta dan kepedulian terhadap lingkungan serta memahami cara menjaga kearifan lokal.

Membantik Berkonsep Alam (ECOPRINT)

Sub tema "Membantik Berkonsep Alam" adalah bagian integral dari Projek P5. Ide ini muncul sebagai upaya untuk mengintegrasikan kearifan lokal dalam pendidikan dan mempromosikan praktik berkelanjutan. Dengan berfokus pada konsep alam, siswa diajarkan cara menghasilkan karya seni dengan menggabungkan unsur-unsur alam seperti dedaunan, bunga, dan material organik lainnya.

Langkah Awal Menuju Keberlanjutan

Melalui ECOPRINT, siswa belajar untuk menghargai alam sebagai sumber kehidupan dan inspirasi seni. Mereka juga diajarkan tentang pentingnya berkontribusi dalam menjaga alam melalui praktik-praktik berkelanjutan seperti penggunaan bahan daur ulang, pengurangan limbah, dan kreativitas dalam menggunakan sumber daya alam.

Kerja Sama dengan Komunitas Lokal

Projek P5 tidak hanya melibatkan siswa dan guru, tetapi juga melibatkan komunitas lokal. Ini adalah langkah positif dalam memperkuat hubungan antara sekolah dan masyarakat sekitar. Komunitas lokal dapat memberikan wawasan berharga tentang kearifan lokal dan mendukung upaya sekolah dalam menjalankan proyek ini.

Pemanfaatan Hasil ECOPRINT

Hasil karya ECOPRINT yang dihasilkan oleh siswa tidak hanya sebagai benda seni yang indah, tetapi juga sebagai sarana untuk menyampaikan pesan tentang pentingnya menjaga alam. Karya-karya ini dapat digunakan dalam kampanye lingkungan, pameran seni, atau bahkan sebagai barang dagangan yang mendukung keberlanjutan.

Mendidik Generasi yang Peduli Lingkungan

Projek P5 adalah langkah nyata dalam mendidik generasi yang peduli lingkungan dan memahami peran kearifan lokal dalam pelestarian alam. Ini adalah investasi untuk masa depan yang lebih berkelanjutan dan harmonis antara manusia dan lingkungannya.

Menginspirasi dan Membawa Perubahan

SMAN 2 Probolinggo percaya bahwa pendidikan bukan hanya tentang pengajaran teori, tetapi juga tentang memberikan pengalaman berarti yang dapat menginspirasi siswa untuk menciptakan perubahan positif di dunia. Projek P5 dengan tema "Kearifan Lokal" dan sub tema "Membantik Berkonsep Alam (ECOPRINT)" adalah langkah konkrit dalam mencapai tujuan ini.

Dengan semangat dan tekad, SMAN 2 Probolinggo bersama para siswa dan komunitas lokal bergerak maju dalam Projek P5, menggali potensi kearifan lokal dan menjadikannya sebagai landasan untuk menjaga alam dan menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan. Salam Smada Smart!!